Jumat, 17 November 2017

Cara Memasang Epoxy Lantai Sendiri


Mungkin saja sempat terpikiran di fikiran Anda untuk membuat lantai beton Anda terutama lantai garasi, rumah sakit, lantai area kantor, lantai area parkir, lantai hotel, serta yang lain supaya lebih menawan, bersih, anti air, awet tidak gampang retak atau rusak, indah, rapi, kuat jika dilewati kendaraan berat, serta supaya lantai Anda lebih menawan karena efek glossy atau mengkilap dengan memakai epoxy lantai.

Artikel ini juga akan memberitahukan pada Anda langkah yang benar untuk aplikasi atau pemasangan epoxy lantai, karna jika Anda lakukan beberapa cara salah, bukanlah mustahil akhirnya akan tidak sesuai harapan serta mengakibatkan kerusakan lantai yang paling disayangi oleh Anda.

Terlebih dulu, mungkin saja Anda mau memahami apakah itu Epoxy Lantai, Anda bisa menyimaknya dengan sangat jelas pengertiannya Epoxy Floor disini.

Pengaplikasian epoxy lantai di lantai beton Anda. Cat ini bukanlah sembarangan cat, karna cat epoxy terbagi dalam dua bahan spesial, salah satunya cat epoxy/resin serta hardener.

Dua bahan barusan lalu diaduk sampai rata dan kemudian dilapiskan diatas beton, hasilnya sesudah cat itu kering bakal membuat susunan (film) yang tidak tebal namun sangat keras, kedap dengan air, tanah berbahan kimia serta berwarna. Hebatnya sekali lagi, pada keadaan spesifik juga akan berefek mengkilap atau glossy, begitu indah serta menawan dilihat mata.

Epoxy Lantai ini biasanya dipakai untuk melapisi sebagian ruang berlantai yang tertutup misalnya yang banyak didapati di studio TV, area pameran, di area parkir, lorong rumah sakit, area laboratorium, area perbelanjaan atau mall, lantai gudang, pabrik, serta industri yang lain.

Selanjutnya Bagaimana untuk menerapkan epoxy lantai?

Pada umumnya, begini langkah pemasangannya :

1. Lantai diwajibkan memiliki bahan kuat seperti beton yang mempunyai minimum 225 kg/cm2, serta tulangan itu sebaiknya di desain dari perencana struktur.
2. Mesti kuat berarti kalau lantai beton harus bisa terima beban berat tanpa ada berlangsung penurunan atau amblas.
3. Umur lantai sekurang-kurangnya harus 28 hari dengan tingkat kelembapan tidak lebih dari 80% RH waktu mau dimulainya aplikasi.
4. Untuk Anda yang lantainya ada langsung diatas tanah, supaya dianjurkan dilapis oleh lapisan penghambat uap air (water vapour barrier) yang bersifat lembaran tidak tebal memiliki bahan bitumen yang dilapis oleh bahan plastik polyesthylene.
5. Waktu pengecoran lantai mesti diratakan (leveling) dengan perlengkapan yang ideal seperti jidarserta ketinggiannya dipantau serta diamati dengan perlengkapan ukur yang baik (theodolit maupun system laser), hingga kerataan, kehalusan serta ketinggian lantai sesuai sama gagasan awal.
6. Dasar lantai halus, tidak bergelombang serta tidak kasar.
7. Sistem pengupasan dasar seperti memakai alat grit-blasting, waterjetting, Blastrac maupun diamondize scrubber dapat dipakai terlebih untuk permukaan yang sudah terkontaminasi oleh semenyang sudah membatu serta yang lain.
8. Pakai air serta sabun untuk membersihkan kotoran cair berbentuk minyak, oli atau pasta.
9. Kemudian lantai mesti dikeringkan minimum 2 x 24 jam saat sebelum dilanjutkan pemasangan Cat Epoxy. Pakai kipas angin bertaraf besar (blower) bisa mempercepatsistem pengeringan keadaan lantai yang basah atau lembab
10. Yakinkan beton bersih dari debu, bersihkan terlebih dahulu dengan alat vacuum cleaner (penyedot debu)
11. Lantai beton yang sudah penuhi prasyarat diatas, dilapis terlebih dulu dengan Epoxy Primer bisa diterapkan dengan roller maupun disemprot dengan desakan udara.
12. Tunggulah Susunan primer kering untuk sekurang-kurangnya dibiarkan sepanjang 12 jam
13. Lalu lakukan bagian Base Epoxy Coat, Body Coate serta Top Coate) – Setiap bagian di Sending serta Cleaning.
14. Pakai roller yang bermutu baik, di mana bulu-bulunya akan tidak rontok waktu dipakai.
15. Pelapisan dikerjakan 2 kali, di mana arah pelapisan baiknya sama-sama bersilangan
16. Sepanjang sistem pelapisan, cermati lantai bersih dari debu, serangga terbang seperti nyamuk, laron, lalat serta yang lain. Bila dijumpai kotoran atau hewan yang jatuh mesti selekasnya dibuang serta dilapisi kembali.
17. Sepanjang sistem pelaksanaan bukalah semuanya jendela serta pintu karna ruang tertutup bisa membahayakan keselamatan para pekerja.
18. Dilarang keras merokok mulai dari pencampuran sampai pelapisan
19. Setiap saat usai pelapisan, lantai tidak dapat dilewati orang, gerobak maupun kendaraan yang lain sampai minimum 12 jam
20. Sesudah 12 jam, orang dijinkan melewati lantai tersebutwalau demikian dengan begitu hati-hati serta tidak memakai sepatu yang mempunyai ujung atau sol sepatu yang tajam atau keras.
21. Baiknya pekerja jalan tanpa ada memakai sepatu sekalipun atau cuma memakai sandal karet yang lunak
22. Gerobak, handpallet, forklift maupun kendaraan yang lainnya baru bisa melalui lantai sesudah 7 hari dari pelapisan paling akhir.

Mudah-mudahan info ini berguna untuk Anda yang menginginkan pengaplikasian epoxy lantai pada lantai beton milik Anda supaya lebih kuat, kedap air, menawan, megah, rapi, serta bersih.

Untuk Anda yang memerlukan jasa konsultan serta pemasangan epoxy cat lantai, kami benar-benar memiliki pengalaman, profesional, serta pakar dalam problem ini dengan melakukan banyak project untuk BUMN serta swasta di semua Indonesia. Dengan harga yang sangat murah.

Jika anda membutuhkan Jasa Epoxy Lantai Silahkan hubungi kami :
0856 9436 3343

Terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar