Raja Epoxy

Rabu, 06 Juni 2018

Cara Benar Aplikasi Atau Pasang Cat Epoxy Lantai

Cara Benar Aplikasi Atau Pasang Cat Epoxy Lantai

Cara Benar Aplikasi Atau Pasang Cat Epoxy Lantai 


Tahukah anda bahwa pada dasarnya pengaplikasian cat epoxy lantai adalah hal yang perlu dilakukan sekali, terutama bagi mereka yang ingin mendapatkan kualitas lantai yang sangat bagus, sebab pada dasarnya lantai yang elegan dapat memberikan efek positif bagi produktivitas pekerjaan anda sehari-hari. Untuk cara pasang cat epoxy lantai harus membutuhkan beberapa tahap agar hasil yang anda inginkan bisa lebih maksimal, tentunya hal tersebut dapat menghindari berbagai macam kerusakan cat epoxy pada pengaplikasian sebuah lantai. Perlu diketahui juga bahwa penerapan pengecatan epoxy ini dapat dilakukan bagi ruangan kantor, lantai parkir, ruangan pabrikasi, lantai hotel, dan lain sebagainya. Mengapa banyak orang lebih memilih cara pasang cat epoxy lantai dengan menyewa jasa epoxy lantai lainnya ? Hal ini dikarenakan epoxy sangat berbeda jauh dengan aplikator lainnya, karena lantai tersebut akan terlihat lebih glossy atau dapat dikatakan sangat mengkilap, rapi, resistensi, dan terakhir adalah tahan lama.

Bila anda tidak tahu bagaimana cara yang benar untuk pengaplikasian cat epoxy lantai, pastinya artikel yang satu ini memberikan jawaban yang sangat tepat sekali bagi pembaca, terutama mereka yang bingung sekali dalam proses penerapannya. Perlu diketahui juga bahwa apabila anda menerapkan cat tersebut dengan metode yang salah maka dapat dipastikan tidak akan mendapatkan hasil yang sangat maksimal, oleh sebab itu penggunaan dengan upaya yang benar adalah pilihan yang paling tepat untuk pembaca. Namun sebelumnya pasti anda sudah mengenal tentang informasi apa itu cat epoxy, jika mengenal hal tersebut tentunya lebih mudah lagi untuk bisa masuk ke tahap berikutnya. Apabila anda tidak tahu apa itu pengecatan epoxy, maka untuk pengertian sederhananya adalah lapisan lantai yang perlu di aplikasinya agar terlihat lebih gloosy, memang ada banyak sekali berbagai macam varian warna yang dapat digunakan sesuai keinginan pelanggan, biasanya untuk ruangan kantor ataupun pabrikasi lainnya lebih memilih warna putih dan hitam.

Baca Juga : Jasa Epoxy Lantai 60rb/m2 Garansi 12 Bulan

Cara Benar Pemasangan Aplikasi Cat Epoxy Lantai

Tahukah anda bahwa dalam penerapannya tidak boleh dilakukan secara sembarangan, hal ini dikarenakan dapat mengakibatkan terjadinya masalah yang tidak anda inginkan, seperti permasalahan cat epoxy lantai berupa retakan, lecet, berlubang, ataupun masalah yang lainnya. Maka dari itu sebelum melakukan upaya tersebut, alangkah lebih baiknya anda bisa memilih kontraktor yang memang sudah ahlinya pada bidangnya tersebut. Memang ada dua macam cat epoxy yang harus di aplikasikan, diantaranya adalah epoxy resin dan hardener.

Nah untuk kedua dari bahan tersebut diaduk hingga benar-benar merata, setelah itu anda bisa melapiskannya ke lantai ruangan bangunan, alangkah baiknya bersihkan terlebih dahulu semua partikel padat yang masih menempel di lantai agar tidak terjadi problem crater seperti berlubang. Jika sudah di bersihkan maka sudah di siap dilapisi dengan bentuk yang sangat tipis, tentunya akan terasa sangat mengeras pada lapisan lantai tersebut, hal ini dikarenakan telah menyatu dengan lantai yang mengandung bahan kimia.

Apabila sudah menerapkan step by step seperti terlebih dahulu membersihkan partikel padat, maka kemudian lantai yang anda lapisi tadinya akan terlihat sangat gloosy sekali atau bisa dikatakan mempunyai tampilan yang cukup mengkilap jika di pandang, nah jadinya jangan heran lagi apabila penerapan cat lantai epoxy sudah mulai menjamur di telinga masyarakat luas terutama di Indonesia untuk membantu elegannya ruangan perkantoran, selain itu juga resistensi cat epoxy lebih kuat dan tahan lama dibandingkan yang lainnya. Tahukah anda bahwa epoxy floor biasanya sering sekali di aplikasikan untuk banyaknya bangunan agar bisa lebih terlihat profesional dan elegan, nah untuk salah satu tempat yang sering sekali di aplikasikan diantaranya adalah seperti area parkir, rumah sakit, mall, pabrik, farmasi, lab laboratorium, studio, dan lain sebagainya. Jadi hal ini sudah tidak perlu diragukan lagi kelebihan dari cat epoxy lantai untuk memudahkan produktivitas pekerjaan sehari-hari.

Baca Juga : Harga Jasa Epoxy Lantai Per Meter (m2) Terbaru 2018

Bagaimana Penerapan Epoxy Lantai yang Benar

1. Pertama lantai rumah ataupun  bangunan yang anda miliki harus dapat dikatakan sangat kuat sekali, terutamanya pada beton, minimal harus 225 kg/cm2, kemudian tulang bangunan tersebut harus terlebih dahulu di desain dengan perencanaan struktur yang baik. Nah untuk arti kuat disini ialah lantai bangunan yang anda punya mampu menahan beban apapun tanpa adanya masalah seperti amblas dan penurunan lainnya.

2. Sebelum di mulainya pengaplikasian maka terlebih dahulu harus melakukan survei supaya hasil kerja yang didapatkan lebih berkualitas, yakni dengan melihat tingkat kelembaban lantai tidak boleh melebihi 80% RH.

3. Namun bagi anda yang memiliki rumah yang lantainya tepat berada di atas tanah, maka alangkah baiknya harus dilapisi dengan Water vapour barrier, guna dari lapisan ini yaitu sebagai penghalang uap air, biasanya bahan yang ada memang memiliki bentuk seperti bitumen dengan lapisan bahan yang sangat tipis sekali.

4. Perlu diketahui juga sebelum memasuki proses pengecoran pastinya bagi lantai yang terlihat tidak rata seperti menggunakan keramik maka lebih dahulu harus di ratakan atau dapat dikatakan istilahnya leveling, cara ini biasanya menggunakan metode yang dinamakan dengan teknik jidar manual, sehingga apabila nantinya sudah terlihat lebih rata maka akan memudahkan pengaplikasian cat epoxy lantai, hal ini dikarenakan jika tidak rata tentunya dapat memberikan pengaruh terhadap hasil yang didapatkan nantinya.

5. Biasanya yang menghalangi proses penerapan yakni adanya masalah partikel padat besar yang menempel pada lapisan lantai bangunan tersebut seperti bekas tumpahan semen ataupun kotoran lainnya. Untuk mengatasi masalah seperti ini maka langkah yang paling tepatnya ialah dengan menggunakan metode alat grit blasting untuk meratakan lapisan lantai tersebut, nantinya secara otomatis apapun partikel yang sebelumnya sudah terkontaminasi akan ikut menghilang dengan menggunakan alat tersebut.

6. Kemudian bersihkan lagi lapisan lantai yang sudah di grinding tadi, biasanya lebih banyak menempel debu-debuan.

7. Selanjutnya anda harus mengeringkan lantai sekitar lamanya 24 jam supaya tidak terlalu lembab, gunakan kipas angin berskala besar.

8. Pastikan terlebih dahulu lantai bangunan bersih dari debu ataupun partikel padat lainnya, alangkah baik gunakan saja penyedot debu bernama vacuum cleaner. Langkah terakhir silakan anda lapisi menggunakan epoxy primer terlebih dahulu.

9. Selanjutnya tinggal menunggu beberapa jam saja hingga benar-benar lapisan primer tersebut mengering, memang cukup lama sekali setidaknya sekitar 12 jam saja.

10. Seperti biasa apabila sudah benar-benar kering tentunya akan mudah sekali bila memasuki tahap base coat, maupun body coate. Bisa dilakukan dengan tahapan sending hingga proses cleaning.

Penutup

Demikianlah penjelasan artikel tentang cara pasang cat epoxy lantai, semoga dengan penjelasan artikel ini dapat menambah wawasan maupun pengetahuan anda dalam melakukan pengaplikasian epoxy melalui penjelasan yang sudah kami bagikan di rajaepoxy.com

0 comments:

Posting Komentar