Minggu, 05 Agustus 2018

Berapa Umumnya Ketebalan Cat Epoxy Lantai Pada Beton Bangunan

Ketebalan cat epoxy - tahukah anda bahwa Ketebalan cat epoxy ternyata dapat di ukur melalui segi bangunan industri itu sendiri, nah bila saat ini anda sudah pernah mendengar cat epoxy, dimana pengaplikasiannya sering diterapkan lantai bangunan maka sudah tidak asing lagi bagi telinga  banyak orang. Bila anda bertanya berapakah Ketebalan cat epoxy lantai pada beton bangunan, untuk umumnya tebal dari epoxy tersebut ialah berkisar antara 500 mikron atau bisa dibilang hanya 0,5 mm saja. Jadi ketebalan itu sendiri sangatlah kecil jika dilihat dari sisi samping, sedangkan untuk ketebalan pada umumnya hanya 2 mm (2000 Micron) saja. Namun banyak orang berpikir bahwa dari tebalnya cat epoxy tersebut tidak mampu bertahan lama, sehingga sangat rentan terhadap goresan maupun retakan akibat tindahan barang bermuatan berat, anggapan tersebut salah besar, karena dari segi tebalnya memiliki daya tahan yang sangat kuat, hal ini dikarenakan ada campuran khusus sehingga permukaan lantai yang sudah dilapisi cat epoxy tahan terhadap tindihan barang bermuatan berat.
Berapa Umumnya Ketebalan Cat Epoxy Lantai Pada Beton Bangunan

Baca Juga : Cara Melepas Cat Epoxy Dari Permukaan Lantai Dengan Aman Dan Mudah

Bahkan tidak hanya itu saja, akan tetapi dalam beberapa kasus yang kami layani banyak pelanggan, ternyata pernah menemukan ketebalan epoxy dengan mencapai ukuran 1 cm hingga 0,4 inci, angka tersebut memang termasuk dalam kategori yang sangat besar sekali, mengingat lantai beton sangat rentan terhadap keretakan akibat goresan maupun tindihan beban yang sangat berat. Nah jika anda bingung dalam menentukan berapakah minimal dan maksimal ketebalan epoxy yang bisa di aplikasikan pada lantai bangunan, nantinya artikel ini akan memberikan jawaban informasi yang sangat tepat sekali sesuai dengan kebutuhan anda, silakan langsung simak saja panduannya.

Ketebalan Cat Epoxy Pada Lantai Bangunan


Pelapis Lantai Tipis (Sistem Cat)


Ini adalah kategori pertama dalam pelapis lantai tipis atau disebut juga dengan sistem cat, untuk ukuran itu sendiri berkisar antara 300 hingga 500 mikron, dalam komposisi ini sering dicampurkan dengan dua lapisan cat saja, antara lain lapisan primer. Biasanya aplikator dan pekerja yang memang sudah handal pada bidang tersebut sering menggunakan cat epoxy yang dilapisi pada permukaan lantai garasi penyimpanan, hal ini bertujuan agar terhindar dari debu maupun barang bermuatan berat. Kategori lapisan tipis ini pula ternyata sangat cocok bila di aplikasikan pada ruang yang tidak banyak dilalui banyak barang, biasanya di ruang gudang dimana cocok untuk lapisan tipis tempat penyimpanan barang lama ataupun bekas yang tidak terlalu berat.

Baca Juga : Jasa Epoxy Lantai 60rb/m2 Garansi 12 Bulan

Apabila anda saat ini sedang mencari lapisan epoxy lantai untuk ruang bangunan beton yang sering dilalui barang bermuatan berat, maka tidak disarankan menggunakan lapisan tipis, sebab nantinya akan mengakibatkan dampak berupa lecet maupun keretakan lantai. Untuk ketebalan yang kamu sarankan menurut rajaepoxy yakni antara 1-2 mm, untuk ketebalan tersebut terasa cukup untuk menahan beban kuat agar terhindar dari keretakan lainnya. Alangkah baiknya anda bisa mencampurkan dengan lapisan pasir kuarsa agar permukaan lantai lebih awet atau bisa dikatakan tahan lama.

Pelapis Lantai Self-Leveling


Untuk jenis kedua ini adalah lantai self-leveling, tahukah anda bahwa dalam ketebalan cat epoxy kategori kedua ini memiliki tebal yang cukup lumayan, yakni menurut kasus yang kami temukan ialah diantara 2 mm hingga bisa saja berada di kisaran sampai 3 mm. Biasanya dalam epoxy lantai self-leveling ini sering digunakan pada industri perusahaan yang sering di lewati beban yang bermuatan berat, hal ini dikarenakan ketebalannya yang cukup besar sehingga tahan terhadap keretakan maupun kerusakan lainnya. Bahkan tidak hanya itu saja akan tetapi, lantai self-leveling mempunyai kelebihan yakni permukaan lantai industri akan terlihat lebih mengkilap, halus, mudah dibersihkan, dan juga tahan lama sehingga dapat memuaskan siapa saja yang memilih untuk mengaplikasikannya.

Memang pada dasarnya self-leveling ini sering digunakan aplikator sebagai pelapisan lantai dimana tempat tersebut sering dilewati oleh berbagai macam industri yang termasuk dalam kategori beban masif, contohnya benda yang mudah menimbulkan lantai lecet, biasanya ini karena faktor menyeret benda yang menimbulkan gesekan.

Perlu diketahui juga bahwa pada dasarnya konstruksi logam meliputi kawat dan kabel, ini biasanya termasuk dalam golongan abrasi kimia berat, nah hal ini tentunya perlu diperhatikan oleh setiap idustri dimana perusahaan tersebut lantainya harus dilapisi dengan ketebalan epoxy mencapai 3 mm. Untuk sistem epoxy itu sendiri memang mempunyai banyak lapisan sehingga terhindar dari cepatnya retakan maupun lecet atau bisa dibilang juga tahan lama, nah untuk lapisan itu sendiri terdiri dari screed epoxy, agregat perantara, dan yang terakhir ialah top coat.

Beberapa poin tambahan yang perlu diingat:


Tahukah anda bahwa jika semakin tebal cat epoxy lantai yang nantinya akan dilapisi maka semakin tebal pula permukaan yang perlu dipersiapkan. Memang biasanya dalam beberapa kasus yang jasa kami tangani ialah sering menggunakan sistem resin lantai tertentu agar persiapan semakin tebal, nah bila anda penasaran untuk contohnya ialah pada lokasi pasar, tempat tersebut memang sering kali menggunakan screed polyurethane cementitious, dalam ketebalan itu sendiri bisa saja mencapai 5 mm. Hal ini sangat perlu sekali untuk di aplikasikan agar tidak mudah terjadi keretakan maupun lecet berlebihan.

Baca Juga : Jasa Epoxy Lantai 3D (tiga dimensi)

Nah itulah informasi yang dapat kami sampaikan kepada anda mengenai cara mengukur ketebalan cat epoxy lantai, jadi tips tips tersebut sangat perlu di perhatikan, mengingat masing-masing lantai beton mempunyai karakteristik yang berbeda, biasnaya aplikator ataupun pekerja lainnya pasti sudah memahai teknik mengukur tebalnya lantai tersebut sebelum di aplikasikan. Jadi jika sedikit saja anda salah ataupun keliru dalam mengukurnya maka jangan heran nantinya lantai akan mudah retak atau dapat dikatakan tidak akan bertahan lama, hal ini disebabkan oleh kesalahan pegukuran sehingga bila beban berat masif menindih lantai pastinya akan menimbulkan keretakan kecil.

Apabila saat ini anda bingung atau sedang membutuhkan pengecatan lantai epoxy dengan ukuran tebal yang tepat, maka tidak ada salahnya untuk memilih jasa lantai rajaepoxy, sebab sudah ada banyak sekali puluhan klien orderan yang kami tangani dengan tepat. Jadi anda tidak perlu ragu lagi untuk memilih jasa kami ini, sedangkan untuk ukuran milimeter lantai memang beragam sekali, ini tergantung pada jenis karakteristik lantai yang nantinya akan di aplikasikan, sebelum terjun ke lapangan jasa kami juga harus melakukan survey terlebih dahulu agar hasil kerja lebih maksimal.

Penutup


Jangan sampai kelewatan karena rajaepoxy akan memberikan hasil kerja yang sangat maksimal kepada pelanggan, bahkan tidak hanya itu saja, namun hasil kerja yang didapatkan nantinya lebih bersih mengkilap, indah, dan tidak mudah retak. Hal ini memang sangat cocok sekali bila dipadukan dengan lantai industri perusahaan ataupun lainnya karena ketahanan lantai lebih mengutamakan keawetan.

0 comments:

Posting Komentar