Raja Epoxy

Rabu, 10 Oktober 2018

Inilah Cara Kerja dan Sifat Cat Epoxy Lantai

jasa epoxy lantai

Inilah Cara Kerja dan Sifat Cat Epoxy Lantai

Cara kerja cat epoxy lantai memang hanya sedikit orang saja yang mengetahuinya sebab ada banyak sekali proses yang harus diikuti sehingga dapat menghasilkan kualitas yang cukup maksimal, jadi hal ini sudah termasuk dalam cara kerja cat epoxy lantai agar permukaan lantai bangunan terlihat lebih kuat dan mengkilap, untuk spesifikasi cara kerja epoxy lantai tersebut bisa dikatakan sangat banyak sekali, pastinya beberapa proses yang mengikuti tersebut akan mempengaruhi hasil kualitas lantai bangunan anda, contohnya bila pelanggan menginginkan cat dengan ketebalan cukup tebal, tentunya sangat banyak material yang dibutuhkan jadi proses seperti ini akan mempengaruhi harga pekerjaan cat epoxy lantai tersebut termasuk cara kerjanya juga yang wajib diperhatikan oleh setiap aplikator maupun pekerja handal lainnya.

Tahukah anda bahwa pada dasarnya epoxy floor atau disebut juga sebagai epoxy lantai ini ternyata memiliki 2 komponen cat khusus yang bisa anda perhatikan, untuk antara 2 komponen tersebut terdiri dari resin dan hardener, kedua komponen nantinya akan dicampur sehingga akan membentuk perbandingan yang sempurna, nah dari proses yang dilakukan seperti ini akan membuat lantai beton ataupun keramik anda lebih tahan lama jika sudah diaplikasikan nantinya, usahakan harus tercampur secara merata agar perbandingannya tepat.

Baca Juga : Jasa Epoxy Lantai Murah 60rb/m2 Berkualitas dan Berpengalaman

Apabila semua proses tadi sudah dilakukan dengan benar maka cat epoxy secara otomatis akan membentuk lapisan tipis yang sangat kering, ini disebut dalam istilah film, jadi ada beberapa sifat positif sebagai berikut.

Sangat keras sehingga nantinya memiliki daya tahan yang sangat tinggi sekali, hal ini dapat dikatakan sebagai ketahanan dari tumpukan benda yang termasuk beban sangat berat, bahkan tidak hanya itu saja, akan tetapi mempunyai ketahanan kimia yang sangat bagus untuk perkembangan cat epoxy lantai tersebut untuk masa yang akan datang.

Mempunyai ketahanan atau kemampuan dalam merekat, sehingga tidak mudah terkelupas bila permukaan lantai beton tersebut berada pada ruangan lembab ataupun tempat kering, sebab daya rekat yang sangat kuat sekali. Kedap air tahan retakan, dan tidak mudah terkelupas
Bisa memberikan keindahan pada lantai bangunan anda hal ini pastinya sangat cocok bila diaplikasikan pada lantai pabrik, rumah sakit, ataupun tempat garasi lainnya. Hal ini pastinya ketebalan cat yang dilapisi bisa memberikan daya tahan untuk jangka panjang bahkan lebih enak untuk dipandang karena tanpilannya yang cukup mengkilap sekali.

Proses pencampuran Epoxy Lantai

Proses pencampuran epoxy lantai harus dilakukan secara bertahap dan sesuai dengan prosedur yang sudah ditentukan sebelumnya tersebut, biasanya cara yang harus dilakukan adalah pertama kali aplikator ataupun pekerja perlu mencampurkan atau menuang cat epoxy lantai ke ember, usahakan harus diaduk agar tercampur hingga merata, jika tidak nantinya akan sangat sulit bila diaplikasikan ke permukaan lantai.

Perlu diketahui juga bahwa proses mengaduk harus diperhatikan dengan benar dan tidak boleh dianggap sepele, sebab kebanyakan pekerja sering kali salah dan melupakan hal yang satu ini sehingga du pinggir ember masih terlihat epoxy yang tidak tercampur merata, pastinya tidak bereaksi ketika ingin di aplikasikan nantinya bahkan bisa menyebabkan kualitas cat lantai terlihat tidak maksimal, karena pada saat proses pengadukan sering dianggao sepele hingga berujung mengakibatkan cat tersebut terasa sangat lembek sekali.

Jika semua cara sudah anda perhatikan, nah kemudian untuk mempermudah pencampuran cat lantai epoxy tersebut maka gunakam beberapa komposisi part A dan Part B , atau perbandingannya akan seperti ini 4 :1 dan bisa juga 5 : 1.

Baca Juga : Jasa Epoxy Lantai Termurah di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi

Tahukah anda bahwa dari beberapa banyak perusahaan memiliki perbandingan yang cukup rumit sekali, jadi terpaksa beberapa aplikator harus melakukan percobaan yang berbeda agar memiliki kualitas yang berbeda pula, akan tetapi anda tidak perlu khawatir karena kualitas dari pekerjaan proses pencampuran tersebut

Port Life Dan Waktu Curing Cat Epoxy


Apabila sudah dilakukan proses yang dinamakan sebagai perbandingan dalam proses pencampuran part A dan B, kemudian anda harus mengaplikasikan kedua campuran tersebut. Perlu anda ketahui juga bahwa dalam port tersebut memiliki usia tertentu, dalam beberapa studi kasus yang dilakukan akan memakan durasi sekitar 1 jam, jika masa port habis dan lambat dilakukan proses pencampuran maka dapat dipastikan port tersebut mudah mengering dan tentunya lagi tidak dapat diaplikasikan kembali.

Bila sudah dicampurkan lapisan cat hasil kedua komposisi part A dan Part B tersebut, maka pada permukaan lantai yang diaplikasikan tadinya akan mudah mengeras, biasanya dalam beberapa kasus yang kami temukan ialah cat yang diaplikasikan akan memakan waktu sekitar kurang lebih 1 jam, ini tergantung sekali terhadap suhu ruangan tersebut, bila suhu kedap udara pastinya sangat lambat untuk mengeras.

Nah untuk menghasilkan hasil yang sangat sempurna maka proses ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama sekali, bila dilupakan tentunya tidak akan mendapatka kualitas yang cukup maksimal, biasanya permukaan lantai yang sudah benar-benar sempurna dan bisa dilakukan untuk pengoperasian yakni memakan waktu sekitar 2 hari saja, ini disebut sebagai proses untuk melewati forklift.

Baca Juga : Jasa Epoxy Lantai Jakarta Dan Area Sekitarnya Terbaik

Sedangkan dalam melakukan proses pengecatan lantai pastinya harus membutuhkan waktu sekitar 8 jam dalam tiap interval prosesnya, pengerjaan seperti ini cenderung lebih lama sebab ada beberapa proses pelapisan yang wajib dilakukan diantaranya ialah memulai proses primer, body coat hingga melakukan proses finishing. Perlu diperhatikan juga bahwa kondisi ruangan harus selalu diperhatikan oleh setiap aplikator lainnya, jika kondisi suhu terlalu tinggi tentunya waktu kering akan menjadi lebih singkat dari sebelumnya, apabila aplikator melupakan peristiwa penting seperti ini maka jangan heran nantinya akan muncul atau berakibat kerusakan maupun kerugian lainnya kepada lantai bangunan yang ingin di aplikasikan.

Tahukah anda umumnya bahwa suhu ruangan yang ingin diaplikasikan nantinya harus diketahui oleh seorang aplikator yang memang sudah handal pada bidangnya tersebut, jadi kami sarankan pilih saja rajaepoxy sebagai jasa terbaik pengecatan lantai rumah anda, untuk suhu yang disarankan agar tidak terjadi masalah salah satunya berupa cairan epoxy kental yakni 30 derajatC . Biasanya faktor yang dapat mrmbuat cairan epoxy menjadi sangat kental ialah dikarenakan oleh suhu antara 10 - 15 derajatC.

Berapa Ketebalan Epoxy Lantai Yang Sesuai ?


Banyak orang bertanya-tanya berapakah ketebalan epoxy floor atau cat epoxy lantai yang sesuai, jika diaplikasikan nantinya pada permukaan lantai yang terlalu tebal maka sangat tidak baik sekali, hal ini harus dilakukan survey terlebih dahulu bagi mereka yang memang sebelumnya sudah handal pada bidangnya tersebut, bahkan hal ini juga tergantung dari fungsi cat epoxy lantai maupun kegunaannya tersebut.

Pada masing-masing jenis epoxy lantai memiliki kegunaan yang cukup beragam, inu tergantung sekali terhadap permukaan lantai yang ingin di aplikasikan nantinya, jika lantai industri atau pabrikasi lainnya tentu akan membutuhkan pengaplikasikan yang cukup tebal sekali, mengingat beban berat yang selalu mendominasi pada industri tersebut. Apabila salah dalam menentukan ketebalan cat epoxy lantai pastinya akan berakibat fatal seperti lebih cepat menimbulkan masalah berupa kerusakan ataupun keretakan lantai bangunan yang di aplikasikan tersebut.

Baca Juga : Jasa Epoxy Lantai 3D (tiga dimensi)

Jika orderan yang termasuk dalam keperluan industri, maka aplikator yang sudah handal maka biasanya ketebalan cat epoxy guna menahan beban berat yaitu sekitar 1500 mikron atau berkisar antara 1,5 mm, hal ini tergantung terhadap seberapa beban berat yang dilalu setiap harinya, semakin tebal pengaplikasian cat pastinya semakin tahan lama pula lapisan lantai tersebut terhadap berbagai macam retakan.

Penutup


Demikianlah artikel atau informasi yang sudah kami bagikan kepada pembaca mengenai inilah cara kerja dan sifat epoxy lantai, semoga informasi yang sudah kami bagikan kepada pembaca lebih mudah untuk dipahami dan memberikan wawasan yang sangat bermanfaat bagi pengunjung, jika ada yang bingung silakan ajukan pertanyaan pada kolom komentar dibawah ini.

0 comments:

Posting Komentar