Sabtu, 13 Januari 2018

Fakta Menarik Tentang Cat Epoxy Lantai yang Sebaiknya Anda Tahu



Fakta Menarik Tentang Cat Epoxy Lantai yang Sebaiknya Anda Tahu - Bagi Anda yang sedang membangun rumah tinggal ataupun membangun perkantoran atau bangunan lainnya, jika Anda bingung ketika menentukan jenis lantai yang akan digunakan pada bangunan tersebut, maka Anda kami sangat menyarankan untuk memilih penggunaan cat epoxy lantai, agar lantai terlihat lebih menarik dan lebih kuat, bila dibanding keramik.

Beragam Fakta Menarik Mengenai Cat Epoxy Lantai, Baik itu Epoxy Coating maupun Epoxy Flooring

1. Kesiapan Permukaan Lantai Dasar

Hal terpenting sebelum proses palapisan lantai dengan cat epoxy baik untuk epoxy coating maupun epoxy flooring adalah kesiapan dari lantai itu sendiri. Jika lantai belum siap untuk diepoxy, maka bisa dipastikan akan mendapat hasil yang tidak bagus. Bagaimana tanda atau ciri-ciri lantai yang belum siap diepoxy? Salah satunya, apabila lantai tersebut masih memiliki masalah penguapan, karena jika dipaksakan maka daya rekat cat epoxy tidak bisa maksimal/sempurna.
Begitupun saat lantai tersebut masih belum bersih secara maksimal dari noda atau partikel-partikel lain, maka bisa dipastikan penggunaan epoxy tidak bisa berjalan sempurna.

2. Perbedaan antara Epoxy Coating dan Epoxy Flooring

Penerapan cat epoxy, khususnya untuk Epoxy Flooring biasanya memiliki ketebalan cat diatas 2 mm. Dan jika ketebalan kurang dari 2 mm, maka termasuk ke dalam kategori Epoxy Coating. Biasanya proses ini berguna hanya sebagai lapisan pelindung.

3. Nilai Estetika Lantai dari Penggunaan Cat Lantai Epoxy

Dalam penggunaan cat epoxy, tentunya hasil yang didapat tidak hanya membuat lantai memiliki daya tahan yang kuat, namun juga terlihat lebih menarik serta memiliki nilai estetika tinggi. Jika Anda menggunakan cat epoxy untuk melapisi lantai bangunan rumah atau bangunan bisnis, maka Anda dapat memilih berbagai warna dan efek sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.
Bahkan penerapan cat epoxy saat ini dapat memberikan efek 3D yang akan menghasilkan efek realistik pada lantai tersebut. Misalnya dengan menambahkan gambar laut, pasir, pepohonan, pattern, dan gambar lainnya sesuai kesukaan.

4. Penerapan Metode Epoxy Coating dan Epoxy Flooring

Cat epoxy lantai dapat diterapkan pada setiap bidang yang memiliki permukaan keras seperti, lantai beton, vinyl, dan permukaan keras lainnya. Baik Epoxy Coating maupun Epoxy Flooring keduanya memiliki tujuan utama untuk melindungi lantai.

5. Pelapisan Lantai dengan Cat Epoxy Fleksibel

Penggunaan cat epoxy lantai dengan level fleksibel akan memberikan hasil yang lebih kuat dan tahan lama. Lantai tersebut akan lebih tahan terhadap abrasi dan berbagai masalah lainnya yang sering dihadapi oleh permukaan lantai.

6. Mengombinasikan Cat Epoxy dengan Produk Lainnya

Penerapan cat epoxy lantai juga dapat dikombinasikan dengan produk lainnya seperti butiran kuarsa agar dapat memberikan hasil yang lebih menarik. Pemilihan produk harus dilakukan dengan teliti baik untuk cat epoxy maupun campurannya. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kualitas cat epoxy yang buruk serta tidak memiliki daya rekat atau daya tahan yang kuat.

7. Berhati-hati dengan Sinar UV

Lantai yang dilapisi dengan cat epoxy sebaiknya tidak terpapar secara langsung dengan sinar ultra Violet secara terus menerus. Sinar UV tersebut dapat membuat lantai menguning pada bagian dalam permukaan lantai. Jika paparan sinar UV tersebut tidak dapat dihindari, sebaiknya pilihlah warna yang gelap untuk lapisan cat epoxy lantai, atau juga dengan menambahkan lapisan yang memiliki daya tahan terhadap sinar UV.

8. Penggunaan Cat Epoxy di Ruangan Outdoor

Cat epoxy lantai tidak hanya digunakan untuk ruangan indoor namun juga dapat digunakan untuk ruangan outdoor. Anda dapat menambahkan material batu kerikil agar lantai di bagian luar bangunan menjadi lebih menarik.

Nah, itu dia beberapa fakta menarik terkait cat epoxy yang sebaiknya anda ketahui. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar