Senin, 15 Januari 2018

Trik Dalam Merawat Epoxy Lantai Agar Awet dan Warnanya Tidak Gampang Pudar



Bagi Anda yang memiliki epoxy lantai coating tentunya menginginkan lantai tersebut tetap bersih, mengkilap, rapi dan pastinya awet tahan lama. Nah, agar epoxy lantai tersebut tetap bersih dan awet terjaga maka Anda harus merawatnya secara rutin. Namun sebagian besar orang mengira jika perawatan epoxy lantai sama dengan perawatan lantai keramik biasa, sehingga yang terjadi banyak epoxy lantai yang mudah rusak atau warnanya pudar.

Trik Sederhana Perawatan Epoxy Lantai Coating Agar Awet

Lantas, bagaimana cara perawatannya yang benar? Nah berikut ini kami bagikan beberapa trik sederhana merawat epoxy lantai Anda agar tahan lama dan tidak pudar, yaitu :

1. Membersihkan Epoxy Lantai Coating

Untuk membersihkan epoxy lantai coating pun tidak bisa dilakukan secara sembarangan. epoxy lantai memiliki beberapa kelemahan yang perlu Anda ketahui sehingga Anda bisa meminimalisir kerusakan lantai dengan membersihkannya sesuai prosedur. Diantaranya adalah:

  • a. Agar epoxy lantai tetap awet dan selalu mengkilap, Anda bisa melakukan pembersihan secara rutin. Caranya cukup mudah yaitu Anda hanya memerlukan handuk dengan bulu - bulu lembut atau pel debu biru (yang memiliki busa keras) untuk membersihkan debu - debu yang menempel di permukaan epoxy lantai dengan cara menyapukannya.
  • b. Jika terdapat tumpahan cairan di epoxy lantai dalam jumlah sedikit, seperti tumpahan minuman atau tetes bensin dari mobil maka Anda hanya perlu mengelap permukaan epoxy lantai dengan handuk atau kain yang halus.
  • c. Membersihkan epoxy lantai tidak hanya dengan disapu atau pun dipel. Jika Anda ingin membersihkan lantai dengan penyemprotan maka disarankan untuk menggunakan squeegeed dry.
  • d. Jika Anda menemukan kotoran membandel pada epoxy lantai maka Anda tidak bisa menghilangkannya hanya dengan dipel dengan handuk. Anda harus membersihkan kotoran tersebut dengan cairan amonia. Sebelum itu, Anda harus memastikan bahwa epoxy lantai sudah bersih dari debu - debu dan sisa reruntuhan bangunan. Setelah itu Anda bisa membersihkan kotoran tersebut dengan mengepel lantai menggunakan pel busa keras dan amonia murni. Untuk takaran pembersihnya sendiri menggunakan campuran amonia sebesar empat sampai lima ons untuk setiap galon air panas. Jika kotoran di epoxy lantai berupa karatan dan sangat susah untuk dihilangkan maka Anda perlu menyikat lantai dengan tapas. Jika noda karatan masih belum hilang, Anda bisa menggunakan scrub yang lembut. 
  • e. Jika Anda membersihkan epoxy lantai jangan pernah menggunakan pembersih lantai sembarangan seperti cuka dan pembersih berbahan jeruk nipis. Kandungan asam pada cuka atau jeruk nipis bisa membuat epoxy lantai Anda degloss. Anda pun juga tidak boleh memakai pembersih yang berbahan sabun. Kandungan sabun ini akan membuat lantai semakin licin ketika basah dan membuat lantai kurang bersinar karena sabun akan meninggalkan residu pada lantai.

2. Pencegahan Kerusakan Epoxy Lantai Coating

Agar epoxy lantai Anda terhindar dari kerusakan yang tidak diinginkan, maka Anda bisa melakukan hal - hal di bawah ini.
  • a. epoxy lantai sangat licin ketika basah. Oleh karena itu pastikan lantai benar - benar kering sebelum Anda membawa barang - barang berat melalui epoxy lantai coating. Anda pun juga harus menggunakan potongan kayu lapis untuk menutupi epoxy lantai ketika Anda ingin mengangkat barang berat menggunakan mesin dongkrak.
  • b. Di setiap pintu masuk epoxy lantai sebaiknya disediakan keset dan alas kaki. Hal ini bertujuan agar kotoran dan debu tidak ikut terbawa masuk ke ruangan yang ber epoxy lantai.
  • c. Saat Anda sedang mengelas di atas lantai ini sebaiknya menggunakan welding mat agar tidak menyisakan bekas pada epoxy lantai.
Demikianlah trik sederhana tentang pemeliharaan epoxy lantai coating agar awet dan tidak mudah pudar. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar