Selasa, 27 Maret 2018

Pengertian Epoxy Lantai, Apa Itu Epoxy Lantai ?

Pengertian Epoxy Lantai, Apa Itu Epoxy Lantai ?

Cat lantai epoxy - anda pasti tahu apa kegunaan cat epoxy lantai ini, pada dasarnya kegunaan dari cat lantai sangat banyak sekali, pastinya akan sangat diperlukan pada jaman sekarang ini terutama pada industri-industri besar yang membutuhkan tampilan lantai yang sangat elegan. Tampilan yang mewah tersebut dapat anda sesuaikan sendiri dengan jenis cat epoxy lantai yang ingin anda aplikasikan nantinya, perlu anda ketahui juga bahwa dalam proses cat akan membuat lantai gedung ataupun perkantoran besar tersebut bisa lebih terlindungi dari debu maupun polutan tertentu yang bisa mengakibatkan lantai kerja terlihat kusam dan kotor. Namun apabila anda masih kurang paham tentang pembahasan epoxy maka artikel ini adalah pilihan yang tepat untuk anda mengenal sejarah mengenai jenis cat epoxy serta bagaimana pengaplikasiannya dalam sebuah industri-industri besar.

Sejarah Cat Epoxy Lantai

Perlu anda ketahui juga bahwa cat epoxy sudah mempunyai sejarahnya tersendiri, anda jangan hanya bisa mengenal pengertian dan jenis saja, tetapi ketahui juga bahwa cat epoxy lantai ini pernah didirikan oleh orang Amerika tepatnya di Swiss pada tahun 1930. Tahukah anda bahwa cat lantai seperti ini mulai menjamur di kalangan semua orang di tahun 1947 karena memiliki kualitas yang tahan lama serta memiliki tampilan elegan sehingga mudah melekat pada lantai hingga bertahun-tahun lamanya. 

Apa itu Epoxy ?

Nah apabila anda berada pada suatu tempat yang bernama kawasan KICC Suryacipta, yang terletak di bekasi pastinya anda sudah mendengar yang namanya cat epoxy lantai, sebelum anda mengetahui lebih lanjut mengenai hal tersebut alangkah baiknya anda bisa mengenal terlebih dahulu tentang jenis epoxy flooring yang berbahan polimer dan tahan terhadap lapisan kimia apapun jika di aplikasikan pada sebuah lantai industri ataupun yang lainnya. 

Untuk pengertian dari cat epoxy lantai adalah suatu proses pelapisan yang akan diberikan pada lantai menggunakan beberapa komponen diantaranya adalah 2 jenis komponen penting, pertama yaitu cairan resin dan yang kedua adalah hardener atau sering disebut pengeras. Apabila kedua bahan kimia tersebut dicampurkan maka akan menghasilkan ristensi bahan yang sangat kuat sehingga tidak mudah pudar bila struktur lantai yang ingin di aplikasikan.

Perbedaan jenis cat

Tidak hanya pengertian apa itu cat lantai epoxy saja, tetapi dari beberapa hal tersebut memiliki perbedaan jenisnya masing-masing, dibawah ini merupakan pertimbangan jenis yang ada pada cat epoxy, silahkan anda simak baik-baik. 

Baca Juga : Keunggulan Epoxy Lantai


1. Aspek Kegunaan

Perlu anda ketahui juga bahwa aspek kegunaan cat epoxy lantai disini tidak hanya fokus terhadap pengaplikasian beberapa bahan saja, tetapi ada perlu banyak bahan yang perlu anda campurkan atau dikombinasikan sehingga tidak mudah retak. Jenis kegunaan tersebut terdiri dari bahan anti slip, anti statis, hingga menggunakan bahan yang dinamakan anti komposit. Kegunaan atau kelebihan dari bahan tersebut sangat membantu sekali pada lapisan dinding supaya tidak tahan dari anti peluru.


Dari pengaplikasian bahan yang cukup mahal tersebut memang cukup sebanding dengan kelebihannya 
masing-masing, jika jenis bahan yang digunakan berjenis berkualitas tinggi maka akan membuat bangunan rumah amda terhindar dari berbagai macam kerusakan kecil seperti retakan, abrasi, dan lain-lain. Jadi alangkah baiknya gunakanlah cat epoxy lantai yang mempunyai tawaran kualitas terbaik. 

2. Percampuran Bahan Baku

Pada dasarnya cat epoxy memiliki kapasitas bahan utama yang sangat sama dengan bahan resin lainnya. Meskipun demikian hal ini sangat berbeda jauh dengan hintungan presentase pada tambahan zat aditif lainnya yang menawarkan bahwa kualitas tersebut memiliki performa yang baik atau tidak, hal tersebut dapat disesuaikan dengan beberapa hitungan zat yang digunakan ketika ingin di aplikasikan. 

Untuk contoh sederhananya apabila anda memesan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan kontraktor malang seperti salah satunya adalah Nikifour, maka mereka akan lebih menawarkan kepada anda bahwa mereka menggunakan jenis cat epoxy self levelling, yang artinya memiliki ketebalan 1000 micron.  

Artinya dengan melihat contoh ketebalan tersebut seperti salah satunya adalah cat epoxy 1000 micron, maka dapat diartikan bahwa jenis cat yang ditawarkan tersebut mempunyai kualitas terbaik dan bisa lebih tahan lama ketika di aplikasikan pada sebuah industri besar. Tahukah anda bahwa ketebalan seperti 1000 micron sering di manfaatkan oleh perusahaan besar jika ingin menggunakan epoxy lantai. 

3. Disesuaikan ke Permasalahan Bahan Baku

Tahukah anda bahwa penyesuaian bahan baku dengan dengan kontraktor lainnya pastinya akan kesulitan dalam menemukan bahan baku sebagai pengganti zat aditif yang murah serta lebih ramah lingkungan di sekitar. Misalnya cat epoxy lantai saat ini sering sekali dicampurkan dengan bahan yang dinamakan thinner dalam pengaplikasian beberapa industri, namun dari campuran bahan thinner tersebur sangat dilarang sekali oleh beberapa negara, karena disebabkan tidak ramah lingkungan.

Oleh karena itu yang memiliki sifat volatille atau bisa dibilang tidak ramah lingkungan akan membuat para produsen cat lantai epoxy lainnya untuk memberikan bahan yang lebih ramah terhadap lingkungan, akan tetapi bahan tersebut tidak memiliki kualitas terbaik seperti bahan campuran konsentrasi thinner. Jadi beberapa produsen akan memaksa mencampurka sedikit thinner walaupun tidak ramah lingkungan, hal tersebut supaya kualitas cat epoxy bisa lebih tahan lama.

Penutup 

Demikianlah artikel yang saya bahad mengenai pengetian dan kegunaan aplikasi cat epoxy lantai, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan anda. Terima Kasih

2 komentar: