Rabu, 17 Januari 2018

Mengenal Beragam Jenis dan Keunggulan Epoxy Lantai dibanding Keramik dan Seluk Beluknya

Mengenal Beragam Jenis dan Keunggulan Epoxy Lantai dibanding Keramik dan Seluk Beluknya

Mengenal Beragam Jenis dan Keunggulan Epoxy Lantai - Jika kita berbicara tentang perbandingan epoxy lantai dengan keramik, maka jelas epoxy lantai menjadi pemenangnya jika terkait dengan kualitas. Mengapa demikian? Pada dasarnya, cat epoxy lantai itu sama dengan keramik yaitu bertujuan supaya lantai nampak bersih dan rapih. Namun kelebihan mengecat lantai dengan epoxy lantai adalah menjadi lebih gampang dibersihkan. Kelebihan lain dari mengggunkan epoxy lantai yaitu akan membuat lantai semakin kuat, sedangkan keramik hanya akan membuat lantai bersih saja.

Meski tahu hal tersebut, mungkin kebanyakan orang masih ragu untuk memilih cat epoxy lantai, sehingga lebih memilih untuk setia dengan keramik. Padahal, sudah jelas dari fungsinya saja, lebih banyak manfaat yang didapat jika menggunakan epoxy lantai dibanding dengan keramik.

Dan terkait masalah harga, jangan khawatir. Karena nyatanya perbedaan harga epoxy lantai dengan keramik tidak terlalu jauh. Selisihnya sedikit saja. Terlebih saat ini harga keramik makin mahal dari hari ke hari. 1 meter persegi saja sampai 200ribu - 500ribuan. Tergantung kwalitas dan motifnya. Dan untuk keramik yang tanpa nat, jelas bisa lebih mahal lagi, daripada keramik biasa.

Baca Juga : Harga Jasa Epoxy Lantai Per Meter (m2) Terbaru

Selain dari sisi harga, dari sisi biaya untuk pemasangan juga lebih menguntungkan menggunakan Epoxy Lantai. Coba bayangkan untuk memasang suatu keramik, anda harus menghitung biaya tukang serta material pendukung lainnya yang akan digunakan, seperti semen dan pasir.

Dan selain itu, proses pengerjaan pemasangan keramik sendiri pun juga memakan waktu yang lumayan lama. Berbeda dengan epoxy lantai. Kita tak butuh semen atau pasir lagi untuk pemasangannya, jadi material yang diperlukan hanya cat epoxy saja. Dan terkait lamanya pemasangan, tentu saja pemasangan Epoxy lantai lebih cepat dibanding pemasangan keramik. Terlebih jika pekerjanya sudah profesional dalam pemasangan Epoxy lantai, tentunya tak butuh waku yang lama.

Cara Mengecat Epoxy Lantai di Beton 

Cara Mengecat Epoxy Lantai di Beton

Terdapat banyak step yang dikerjakan untuk meyakinkan lantai beton di cat epoxy dengan sempurna. Step pertama yaitu pengelupasan noda pada lantai beton. Kadang-kadang, ada noda atau kotoran yang melekat pada beton. Noda itu ada yang gampang dibersihkan, ada pula yang susah. Untuk noda yang membandel, sistem pengelupasan harus memakai mesin floor polisher. Alat ini dipakai untuk grinding, yakni menyingkirkan noda yang melekat pada lantai beton dan membuka pori-pori pada lantai.

Tahap kedua dalam mengecat lantai beton adalah menerapkan plamir. Plamir ini dimaksud dengan susunan basic yang fungsinya untuk meyakinkan lantai beton halus serta rata. Nah, setelah proses plamir sudah menutupi semua bagian dengan sempurna baru ke tahap pemasangan Epoxy Lantai.

Nah, untuk tahap pengecatan epoxy lantai ini, Lama pengecatan tergantung ketebalan cat yang Anda inginkan. Setelah di rasa cukup, barulah selanjutnya finishing. Proses finishing ini dilakukan dengan menutup sisi teratas hingga lantai tampak glossy atau dof, sesuai keinginan Anda. Jadi, setidaknya ada tiga tahap yang harus dilakukan dalam proses pemasangan epoxy lantai ini.

Baca Juga : Jasa Epoxy Lantai Murah 60rb/m2 Berkualitas dan Berpengalaman

Perbedaan Epoxy dan Resin 

Apakah anda sudah tahu perbedaan epoxy dengan resin? ternyata Banyak yang seringkali salah kira tentang epoxy serta resin. Perbedaan ini Mesti dipahami bahwasannya resin ini satu diantara komponen epoxy. Resin ini digabung dengan bahan yang lain hingga saat diterapkan, bahan itu jadi kering serta mengeras. Dalam hal semacam ini, terdapat beberapa sekali type resin. Untuk epoxy, orang-orang seringkali mengatakannya dengan resin epoxy.

Buat anda yang belum tahu, Epoxy merupakan produk/bahan kimia dari salah satu jenis resin hasil dari proses polimerisasi epoksida. Dan jenis bahan kimia ini dapat bereaksi dengan bahan kimia yang lain seperti Alcohol, Polifungsi, dan bahan kimia sejenis. Epoxy sering digunakan sebagai cat, lem, serta juga coating. Cat epoxy lantai adalah cat lantai yang terdiri dari 2 komponen kombinasi dari polimer epoxy (berfungsi sebagai cat) dan polimer amina (berfungsi sebagai hardener).

Sistem Penerapan Epoxy Lantai 

Campuran kedua komponen tersebut yang akan digunakan sebagai cat lantai epoxy harus memiliki takaran yang tepat agar mendapatkan hasil yang sempurna. Lantai yang telah menggunakan cat epoxy akan lebih tahan terhadap gesekan, abrasi, bahan kimia, dan hal-hal lain, yang dapat merusak lantai. Lapisan lantai pun akan menjadi lebih kuat. Cat epoxy ini umumnya diterapkan pada lantai beton, lantai bengkel, garasi, ruangan dapur, kamar mandi, dinding, dan masih banyak lagi.

Setelah proses pencampuran komponen-komponen pembentuk cat epoxy lantai, cat ini akanditerapkan dalam berbagai cara. Pada umumnya, penerapan cat epoxy lantai menggunakan sistem Epoxy Coating, yakni cat lantai yang memiliki bahan dasar berupa resin yang khusus untuk digunakan pada lantai beton. Keberhasilan penerapan dan daya tahan dari proses Epoxy Coating ini sangat bergantung kepada kondisi permukaan lantai.

Jenis-jenis Ketebalan Epoxy Lantai

Jenis-jenis Ketebalan Epoxy

Ketebalan cat epoxy biasanya akan diukur dengan satuan micron. Proses penerapan cat epoxy umumnya diterapkan dengan ketebalan antara 300 micron hingga 3000 micron. Atau setara dengan ketebalan 0.3mm hingga 3 mm. Kondisi permukaan lantai dan lingkungan sekitarnya akan berperan penting dalam keberhasilan proses Epoxy Coating. Berikut ini jenis-jenis ketebalan cat epoxy lantai yang perlu diketahui sesuai kebutuhannya:

• Low Traffic
Pada ketebalan low traffic, ketebalan cat epoxy yang diperlukan cukup antara micron. Ukuran ini digunakan apabila lantai tersebut akan jarang untuk dilalui. Penerapan cat epoxy dengan ketebalan low traffic umumnya digunakan pada ruangan panel, plafon, dan jenis ruangan dengan lantai yang jarang dilalui lainnnya. Cat epoxy lantai dengan ketebalan ini juga kerap diterapkan pada dinding yang lebih dikenal dengan nama Wall Coating.

• Medium Traffic Pada ketebalan medium traffic, ketebalan cat epoxy yang diperlukan sekitar 500 micron. Ukuran ini cukup tebal. Penerapan cat epoxy lantai dengan ketebalan medium ini biasa digunakan untuk lantai yang akan sering dilalui seperti rumah sakit, lantai garasi rumah, lantai ruangan kerja, dan jenis lantai yang sering dilalui lainnnya.

Baca Juga : Jasa Floor Hardener Terbaik di Indonesia

• High Traffic Pada ketebalan high traffic, ketebalan cat epoxy yang diterapkan cukup tinggi yaitu 1000 micron. Salah satu jenis lantai yang memerlukan ketebalan epoxy lantai dengan high traffic adalah koridor stasiun, terminal, atau sejenisnya yang hampir menerima beban setiap detiknya. Lantai untuk kolam renang pun termasuk lantai yang perlu di cat epoxy lantaidengan ketebalan high traffic.

• Full Traffic Cat epoxy lantai dengan ketebalan full traffic adalah jenis yang paling tebal. Ketebalan yang diperlukan antara 2000 hingga 3000 micron. Jenis lantai yang memerlukan epoxy dengan ketebalan full traffic ini adalah lantai yang akan sering menerima beban sangat berat. Contohnya seperti lantai gudang yang akan dilalui oleh truk, forklift atau kendaraan berat lainnya yang biasa berada di gudang.

Manfaat Cat Epoxy Lantai : 

Adapun beragam manfaat yang akan didapatkan dengan menerapkan cat epoxy pada lantai adalah sebagai berikut :
1. Daya tahan tinggi terhadap bahan kimia
2. Daya tahan terhadap udara dan cuaca panas
3. Perawatan lantai menjadi lebih mudah
4. Daya tahan kuat jika dilalui roda baja (pada ketebalan epoxy tinggi)
5. Lantai menjadi anti debu
6. Lantai menjadi lebih mengkilap
7. Aplikasi cat epoxy yang mudah

Nah, itu dia ulasan mengenai beragam jenis dan keunggulan epoxy lantai dibanding keramik, dan beberapa manfaat penggunaannya. Semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat.

Jika anda sedang mencari Jasa Epoxy Lantai, silahkan hub. kami 0856 9436 3343

0 comments:

Posting Komentar