Jumat, 19 Januari 2018

Mengetahui Lebih dalam Tentang Epoxy Lantai (Keunggulan, Rekomendasi, Pemicu Kerusakan)

Mengetahui Lebih dalam Tentang Epoxy Lantai (Keunggulan, Rekomendasi, Pemicu Kerusakan)

Saat ini penggunaan cat epoxy lantai makin populer dan makin diminati masyarakat. Khususnya untuk bangunan-bangunan mewah. Dan perlu diketahui, untuk melakukan proses pelapisan lantai dengan menggunakan cat epoxy lantai, sebaiknya perhatikan pemilihan jenis cat serta kandungan bahan baku yang dimiliki cat tersebut. Dan untuk kasus/penerapan pada pelapisan lantai beton, cat epoxy lantai yang umumnya digunakan terbagi menjadi 3 jenis. Diantaranya adalah:

• Cat epoxy lantai yang memiliki kandungan Thinner atau pelarut Solvent
• Cat epoxy lantai yang memiliki kandungan pelarut air atau yang biasa disebut sebagai Water Based Epoxy
• Cat epoxy lantai yang memiliki kandungan 100% solid padatan.

Keunggulan Pelapisan Water Based Epoxy

Cat Water Based Epoxy mengandung jenis resin yang dapat larut di dalam air dan juga ramah lingkungan. Selain itu, proses penerapan cat epoxy water based juga cukup mudah untuk dilakukan.

Walau tak sedikit yang kurang yakin dengan penggunaan cat epoxy lantai water based ini, namun nyatanya, cat epoxy lantai jenis ini justru memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan dengan 2 jenis cat epoxy lantai lainnya. Nah, berikut ini adalah beberapa keunggulan pada proses penerapan cat epoxy lantai water based yang sebaiknya anda ketahui:

1. Water Based Epoxy dapat diaplikasikan lebih mudah dibandingkan kedua jenis cat epoxy lantai lainnya. Kandungan pelarut air yang dimiliki cat epoxy lantai ini memiliki kekentalan cat yang lebih rendah. Hal ini akan membuat mempermudah proses penerapan cat epoxy lantai water based.

2. Jika cat epoxy water based dicampur dengan pengeras atau hardener, hasilnya akan membuat lantai memiliki umur yang lebih panjang dan dapat digunakan lebih lama daripada menggunakan cat epoxy dengan jenis cat epoxy lantai slovent free maupun cat epoxy lantai 100% solid. Cat epoxy jenis water based juga memiliki pot life lebih lama yang dapat bertahan selama berjam-jam  sehingga akan memudahkan saat pekerja mengaplikasikan cat epoxy lantai tersebut dengan hasil yang sempurna.

3. Cat epoxy water based juga tidak berbau sehingga para pekerja dapat mengaplikasikan cat epoxy lantai jenis ini dengan nyaman tanpa terganggu oleh bebauan yang menyengat yang dapat menurunkan produktivitas dan fokus pekerja. Karena tidak berbau, maka cat epoxy lantai jenis water based ini cocok diaplikasikan pada lantai ruang bawah tanah, lantai garasi, lantai kamar mandi, atau jenis lantai lainnya yang memiliki sirkulasi udara yang buruk.

4. Dalam proses penerapan cat epoxy lantai water based, penguapan air yang memiliki kecepatan lebih lambat akan memudahkan sebagian pekerja. Namun hal tersebut juga dapat meningkatkan potensi terperangkapnya udara pada lapisan bagian dalam cat epoxy lantai tersebut.

5. Pada dasarnya porsi pencampuran cat epoxy lantai water based dan hardener sama dengan yang digunakan pada cat epoxy solvent. Namun ada sedikit perbedaan pada kecepatan penguapan pelarutnya. Untuk cat epoxy water based, kecepatan penguapan dipengaruhi oleh kelembapan udara dan suhu di sekitar area lantai. Semakin tinggi suhu yang dimiliki area sekitarnya, maka pelarut air yang terkandung akan lebih cepat menguap. Sedangkan untuk cat epoxy solvent, kandungan pelarut solvetnya akan mengupa dengan lebih cepat.

6. Penggunaan air sebagai pelarut cat epoxy lantai menyebabkan produk ini menjadi lebih ramah lingkungan. Tidak seperti cat epoxy solvent, pelarut yang digunakan umumnya berupa solvent organik yang dihasilkan dari minyak bumi. Dan jenis pelarut solvent organik lainnya bahkan mengandung zat berbahaya yang akan mengganggu kesehatan dan juga memilik tingkat potensi kebakaran yang lebih tinggi.

Keunggulan Menggunakan Cat Epoxy Lantai

Mengetahui Lebih dalam Tentang Epoxy Lantai (Keunggulan, Rekomendasi, Pemicu Kerusakan)

Adapun keunggulan-keunggulan dari lantai yang menggunakan cat epoxy lantai adalah sebagai berikut:

• Lantai memiliki daya tahan yang baik terhadap suhu panas
• Lantai memiliki daya tahan yang sangat baik terhadap bahan-bahan kimia yang berbahaya
• Cat epoxy lantai memiliki kemampuan merekat yang kuat atau disebut dengan Adhesi
• Lantai memiliki daya tahan yang cukup kuat terhadap beban berat dan benturan-benturan keras.
• Lantai cenderung memiliki tingkat porositas yang rendah. Noda seperti minyak atau bahan lainnya tidak akan mudah menyerap ke dalam permukaan lantai.
• Pada saat proses pelapisan lantai, cat epoxy lantai akan sangat mudah diaplikasikan
• Melapisi lantai dengan cat epoxy lantai juga akan menambah keindahan lantai dan juga memiliki pilihan warna yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Kegunaan Cat Epoxy Lantai

Cat epoxy lantai atau sering disebut juga sebagai epoxy flooring atau epoxy coating memiliki berbagai kegunaan seperti berikut ini:

• Cat epoxy lantai dapat digunakan sebagai cat pelindung (cat anti korosi)
• Selain lantai rumah sakit, cat epoxy lantai juga dapat diaplikasikan pada lantai gudang besar pabrik, dan bagunan bisnis lainnya.
• Cat epoxy lantai berguna sebagai pelapis lantai anti slip
• Cat epoxy lantai berguna sebagai pelapis lantai anti static
• Dalam mengaplikasikan cat epoxy lantai, dapat pula ditambahkan beberapa bahan khusus yang dapat meningkatkan daya tahan lantai.
• Selain untuk lantai, cat epoxy lantai juga dapat digunakan pada kolam renang. Lantai kolam terkadang akan sulit untuk dikeringkan sehingga dapat menggunakan teknik underwater epoxy lantai.

Setiap bangunan yang berguna untuk sebuah bisnis maupun instansi tertentu pasti ingin bangunannya mendapatkan sertifikasi ISO. Bangunan rumah sakit yang memiliki sertifikasi tersebut merupakan bangunan yang tergolong baik. Tidak hanya bangunannya, namun juga fasilitas dan pelayanannya akan dianggap dianggap baik. Di sebuah rumah sakit, para pekerja seperti dokter, perawat, cleaning service, dan pekerja lainnya dituntut bekerja dengan cepat sehingga kondisi lantai yang dilaluinya tidak boleh licin atau apapun yang dapat menghambat pekerjaan mereka.

Pelapisan cat epoxy pada lantai rumah sakit juga sangat dibutuhkan. Ada banyak manfaat yang didapat jika melapisi lantai dengan cat epoxy lantai. Selain agar lantai tidak menjadi licin, lapisan cat tersebut juga akan membuat lantai tetap bersih atau mudah dibersihkan karena memang lantai rumah sakit harus selalu bersih. Manfaat lainnya adalah lantai rumah sakit tersebut akan tahan terhadap goresan-goresan yang biasanya ditimbulkan dari ranjang pasien, kursi roda, dan benda-benda lainnya.

Selain dari beberapa manfaat tersebut, melapisi lantai dengan cat epoxy lantai dapat membuat lantai rumah sakit terlihat lebih elegan dan indah karena efek mengkilap dan terlihat bersih. Lantai rumah sakit yang dilapisi dengan cat epoxy lantai juga dapat lebih higienis karena mengandung anti bakteri dan juga memiliki daya tahan yang cukup lama.

Sebagaimana yang kita ketahui, Rumah sakit merupakan tempat umum yang memang khusus menyediakan beragam fasilitas untuk orang yang sakit, atau yang berhubungan dengan kesehatan. Karena setiap hari tempat ini akan selalu didatangi oleh banyak orang. Baik pasien, pengunjung, dan juga para pekerja, dan lainnya, maka bisa dipastikan aktivitas yang terjadi di atas lantai rumah sakit, cukup memberi beban yang  berat bagi lantai tersebut. Maka sudah sewajarnya jika lantai di rumah sakit mengaplikasikan cat epoxy lantai dibanding penggunaan lantai keramik biasa.

Beberapa Hal yang Menjadi Pemicu Kerusakan Cat Lantai Epoxy

Mengetahui Lebih dalam Tentang Epoxy Lantai (Keunggulan, Rekomendasi, Pemicu Kerusakan)

Kerusakan pada lapisan cat lantai epoxy dapat disebabkan oleh beberapa hal yang dapat dan tidak dapat dihindari. Contohnya seperti kondisi tanah, jika bangunan berdiri di atas tanah yang kurang baik maka kerusakan yang terjadi memang sulit atau bahkan tidak dapat dihindari. Namun apabila kerusakan terjadi pada saat proses pelapisan cat maupun pada saat pemakaian lantai tersebut, maka kerusakan ini sebenarnya bisa dihindari.

Nah, terkait hal tersebut, berikut telah kami rangkum penjelasan mengenai faktor-faktor pemicu kerusakan cat lantai epoxy secara lengkap. Silahkan disimak.

Faktor Pemicu Kerusakan pada Cat Lantai Epoxy

1. Beban Lantai Terlalu Berat

Biasanya, salah satu faktor yang memicu kerusakan pada lantai epoxy adalah akibat beban yang ditahan oleh lantai tersebut melebihi batas beban seharusnya. Biasanya, pada bangunan besar yang memiliki lantai beberapa tingkat, beban yang diterima tidak akan sebanding dengan kekuatan lantai sehingga dengan mudah akan menimbulkan kerusakan pada lantai tersebut.

2. Kondisi Tanah di Bawah Lantai yang Tidak Mendukung

Kondisi tanah yang berada tepat di bawah bangunan akan menentukan bagaimana kondisi lantai maupun bangunan tersebut secara keseluruhan. Dalam beberapa jenis tanah, ada yang memiliki kontur tanah yang dapat menyebabkan lantai atau dinding menjadi mudah retak..

3. Kualitas Bahan Lantai

Kualitas dari bahan yang digunakan untuk membangun lantai maupun kualitas cat epoxy lantai nya juga berpengaruh besar pada kondisi lantai setelah dibangun. Jika bahan yang digunakan kurang tepat dan memiliki kualitas yang tidak bagus, maka lantai akan mudah rusak. Pemilihan material untuk lantai dan cat epoxy lantai harus dilakukan dengan tepat, semakin bagus bahan yang digunakan maka akan semakin baik hasil yang diberikan.

4. Umur Cat Epoxy Lantai

Terkadang, kerusakan yang terjadi pada lantai bukan disebabkan oleh proses pelapisan lantai menggunakan cat epoxy lantai yang tidak tepat, namun kerusakan tersebut dapat disebabkan oleh umur cat epoxy lantai yang digunakan. Umur dari cat epoxy sendiri akan bergantung pada proses pemakaian lantai. Jika lantai terlampau sering menerima beban berlebih, maka umur cat epoxy lantai nya tidak akan berumur panjang.

Banyaknya kegiatan yang dilakukan di atas lantai dan beban yang diberikan akan menimbulkan goresan-goresan pada lantai, atau bahkan menimbulkan lubang pada lantai tersebut. Terdapat beberapa upaya yang sebaiknya dilakukan guna menghindari kerusakan lantai lebih cepat seperti; menghindari partikel-partikel yang bersifat kontaminan seperti batu kerikil atau pasir di sekitar lantai bangunan.

Jika kendaraan berat melewati lantai dan menginjak partikel-partikel tersebut, maka akan menimbulkan goresan-goresan pada cat epoxy lantai nya. Tidak hanya goresan kecil, kerusakan yang ditimbulkan bahkan dapat berupa keretakan bahkan pengelupasan cat epoxy lantai. Untuk beberapa jenis kerusakan kecil, jika Anda ingin segera memperbaikinya, maka tidak perlu mengecat ulang seluruh bagian permukaan lantai.

5. Area Rawan Banjir pada Resapan Air

Jika lantai dibangun pada area yang rawan banjir dan lantai yang memiliki resapan air cukup tinggi, maka kerusakan pada lantai maupun lapisan cat lantai epoxy akan lebih mudah terjadi. Lantai yang sering terendam air akan memicu lantai tersebut menerima beban yang cukup berat sehingga lapisan cat epoxy lantai akan mudah rusak. Begitu pula dengan lantai yang memiliki resapan air yang tinggi akan membuat lantai beton akan mudah rusak dan membuat lapisan cat epoxy lantai, mau tidak mau ikut rusak.

0 komentar:

Posting Komentar